Kumpulan Soal Pendidikan Agama Katolik Kelas 10 Semester Ganjil Beserta Jawabannya
Kami akan membagikan contoh soal atau midsemester mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti pada semester Ganjil. Untuk selengkapnya, silakan perhatikan soal-soal di bawah ini.
SOAL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KELAS 10 BESERTA JAWABANNYA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti
Kelas/Program : X (sepuluh) MIPA & IPS
Hari/tanggal :
Waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 35 Pilihan Ganda
I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar pada lembar jawab!
1. “ Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan ikan dilaut dan burung burung diudara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi “ ( Kej 1 : 26 ). Dari Sabda tersebut yang dimaksud dengan Kita itu adalah …
A. Tuhan Allah yang mempunyai kuasa mutlak mencipta
B. Malaikat yang diberi daya menjaga manusia
C. Roh Kudus Roh pemersatu
D. Kuasa yang nyata di dunia
E. Sesuatu yang mempunyai kekuatan besar
A. Manusia lebih istimewa dibanding mahluk lain
B. Manusia diciptakan setelah semua disediakan oleh Tuhan
C. Manusia masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan
D. Manusia diciptakan dan dicintai Tuhan
E. Manusia mahluk yang dikuasai oleh dosa
A. Allah menyerahkan semua yang dijadikanNya itu untuk manusia
B. Allah mengambil debu tanah lalu diciptakanNya manusia
C. Tuhan Allah membuat manusia tidur nyenyak
D. Allah bersabda bahwa akan terbentuk manusia
E. Allah menempatkan manusia dalam taman Eden
4. Setiap orang adalah mahluk individu yang maksudnya yaitu ....
A. Manusia termasuk egois
B. Tak ada satupun manusia yang sama
C. Manusia tidak bisa hidup sendiri
D. Manusia tergantung satu sama lain
E. Manusia saling membutuhkan
A. Manusia termasuk egois
B. Tak ada satupun manusia yang sama
C. Manusia tidak bisa hidup sendiri
D. Manusia tergantung satu sama lain
E. Manusia saling membutuhkan
A. membaca buku yang bermanfaat
B. belajar kelompok
C. mengevaluasi diri
D. menyendiri di kamar
E. kegiatan olah raga
A. Kemiskinan dan kekurangan dalam materi
B. Kurang bisa memahami pelajaran
C. Mendapat kepercayaan dari teman
D. Kurang bisa bergaul
E. Difabel
A. perbedaan gender
B. Kesamaan derajat
C. Budaya kuno
D. Patriarkhi
E. Perendahan martabat wanita
A. memang wanita lebih rendah martabatnya dibanding pria
B. wanita adalah manusia kedua
C. wanita dieksploitasi untuk kepentingan yang bersifat kesenangan
D. wanita mudah jatuh dalam dosa
E. wanita tidak mampu berbuat apa apa
A. “ Lalu Tuhan Allah membentuk manusia dari tanah dan memberikan nafas hdup kedalam hidungnya“
B. “Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu , dibangunNyalah seorang perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia itu ”
C. “Inilah dia tulang dari tulangku dan daging dari dagingku, ia akan dinamai perempuan sebab dia diambil dari laki laki.”
D. “Tidak baik manunsia itu seorang diri saja , Aku akan menjadikan penolong yang sepadan dengan dia“
E. “Tuhan Allah membuat manusia tidur nyenyak, ketika ia tidur, Tuhan Allah mengambil salah satu rusuknya.“
A. Golongan Imam
B. Kaum Lewi
C. Orang yang disamun
D. Orang yang merampok
E. Orang yang menolong yaitu orang Samaria
A. Inti yang paling rahasia
B. Sanggar suci Allah
C. Gema Roh Allah
D. Pesan Allah yang menggema
E. Tidak mesti bersuara benar
A. melaksanakan apa yang disuruh oleh suara hati
B. membiarkan apa yang dikatakan suara hati
C. mendengarkan apa yang dikatakan suara hati
D. berani menolak tegas kata suara hati
E. meneliti sejauh mana kebenaran kata suara hati
13. Sebagai orang beriman kita harus memupuk nurani kita untuk dapat …
A. berani melempar tanggung jawab
B. cekatan dalam menyelamatkan diri sendiri
C. mempertanggung jawabkan tingkah laku kepada siapa saja
D. cakap dalam berbicara
E. berani mencoba segala sesuatu yang diinginkan
A. berani melempar tanggung jawab
B. cekatan dalam menyelamatkan diri sendiri
C. mempertanggung jawabkan tingkah laku kepada siapa saja
D. cakap dalam berbicara
E. berani mencoba segala sesuatu yang diinginkan
14. Dalam kalangan remaja banyak yang menunjukkan bahwa suara hati manusia sudah banyak yang tumpul . Di bawah ini contoh suara hati yang tidak tumpul antara lain …
A. Melakukan pergaulan bebeas
B. Mempunyai kebiasaan menyontek
C. Menganggap hina pekerjaaan kasar
D. Menganggap kolot budaya asli
E. Mau menyangkal diri sendiri
A. Melakukan pergaulan bebeas
B. Mempunyai kebiasaan menyontek
C. Menganggap hina pekerjaaan kasar
D. Menganggap kolot budaya asli
E. Mau menyangkal diri sendiri
15. Dibawah ini yang merupakan fungsi suara hati ....
A. suara hati mengajak untuk melakukan yang benar
B. suara hati mendorong untuk melakukan yang baik
C. suara hati menentukan perilaku manusia
D. suara hati merupakan norma untuk menilai tindakan
E. suara hati merupakan suara Tuhan sendiri
A. suara hati mengajak untuk melakukan yang benar
B. suara hati mendorong untuk melakukan yang baik
C. suara hati menentukan perilaku manusia
D. suara hati merupakan norma untuk menilai tindakan
E. suara hati merupakan suara Tuhan sendiri
16. Pengaruh positif dari media massa antara lain yaitu …
A. Menjadikan persaingan yang ketat antar manusia
B. Mendekatkan manuisa satu sama lain
C. menunjukkan kekuatan manusia dalam teknolog
D. manunjukkan bahwa manusia sangatlah kecil dan tak berarti
E. manusia akan menjadi pandai semua
A. Menjadikan persaingan yang ketat antar manusia
B. Mendekatkan manuisa satu sama lain
C. menunjukkan kekuatan manusia dalam teknolog
D. manunjukkan bahwa manusia sangatlah kecil dan tak berarti
E. manusia akan menjadi pandai semua
17. Pengaruh media juga untuk mendidik antara lain yaitu …
A. dapat memberi hiburan yang menyenangkan
B. memberi tawaran untuk dapat memilih
C. memberi informasi dan membentuk opini yang baik
D. mengetahui berbagai produk diberbagai Negara
E. manusia terpengaruh oleh gaya hidup yang ditawarkan
A. dapat memberi hiburan yang menyenangkan
B. memberi tawaran untuk dapat memilih
C. memberi informasi dan membentuk opini yang baik
D. mengetahui berbagai produk diberbagai Negara
E. manusia terpengaruh oleh gaya hidup yang ditawarkan
18. Pengaruh negative dari media massa antara lain yaitu …
A. Menciptakan pandangan dan wawasan baru yang lebih luas
B. Menjadikan manusia mengerti kejadiann di luar / tempat yang jauh
C. Menciptakan budaya baru yang gemerlap dan menyingkirkan budaya asli
D. Manusia terbuka pikirannya dan mampu menimbang makna media
E. Manusia mampu mengatasi segala sesuatu permasalahan hidupnya
A. Menciptakan pandangan dan wawasan baru yang lebih luas
B. Menjadikan manusia mengerti kejadiann di luar / tempat yang jauh
C. Menciptakan budaya baru yang gemerlap dan menyingkirkan budaya asli
D. Manusia terbuka pikirannya dan mampu menimbang makna media
E. Manusia mampu mengatasi segala sesuatu permasalahan hidupnya
19. Salah satu upaya kita untuk dapat membina bersikap kritis terhadap media antara lain yaitu …
A. melatih diri menyaring tayangan media
B. mengikuti perkembangan semua media yang ada
C. menjauhkan diri dari media yang ada
D. tidak menjadikan media sebagai sarana bisnis atau politik
E. tidak mau urusan apa yang ditayangkan media
A. melatih diri menyaring tayangan media
B. mengikuti perkembangan semua media yang ada
C. menjauhkan diri dari media yang ada
D. tidak menjadikan media sebagai sarana bisnis atau politik
E. tidak mau urusan apa yang ditayangkan media
20. Yesus semasa hidup, sikapNya terhadap aturan / hukum adalah … .
A. menentang dengan tegas
B. melaksanakan jika ada yang mengawasi
C. menolak karena aturan itu tidak menguntungkannya
D. melaksanakan dengan mengutamakan keselamatan manusia
E. melaksanakan meski hukum itu kurang tepat
A. menentang dengan tegas
B. melaksanakan jika ada yang mengawasi
C. menolak karena aturan itu tidak menguntungkannya
D. melaksanakan dengan mengutamakan keselamatan manusia
E. melaksanakan meski hukum itu kurang tepat
21. Paham yang menghendaki agama menguasai masyarakat politis adalah …
A. Pancasilais
B. Teokrasi
C. Konservatif
D. Statis
E. Agamis
A. Pancasilais
B. Teokrasi
C. Konservatif
D. Statis
E. Agamis
22. Sikap yang lebih mementingkan kepuasan duniawi biasanya diistilahkan dengan sebutan …
A. Individualisme
B. Materialisme
C. Hedonisme
D. Konsumerisme
E. Fanatisme
A. Individualisme
B. Materialisme
C. Hedonisme
D. Konsumerisme
E. Fanatisme
23. Seseorang yang bergaya hidup lebih mengutamakan materi dan kesenangan hidup dan memandang bahwa manusia dikukur dari apa yang ia punya,ini termasuk jenis orang yang berideolgi....
A. Fanatisme
B. Sosialisme
C. Egoism
D. Personalisme
E. Materialisme
A. Fanatisme
B. Sosialisme
C. Egoism
D. Personalisme
E. Materialisme
24. Orang yang terus menerus cenderung untuk menambahkan tingkat konsumsi meski tidak membutuhkannya, berarti orang ini tergolong …
A. Kaya raya
B. Gaya hidup mewah
C. Sosialis
D. Konsumtif
E. Materialistis
A. Kaya raya
B. Gaya hidup mewah
C. Sosialis
D. Konsumtif
E. Materialistis
A. Agamis
B. Penuh tendensi
C. Tidak statis
D. Pluralis
E. Individualis
A. mereka sering memberi sedekah di pintu pintu gerbang
B. Mereka melakukan sesuatu karena dilihat orang dan supaya dipuji
C. mereka mengajarkan taurat di bait Allah dengan penuh semangat
D. mereka rajin berdoa dan duduk didepan dalam tempat ibadah
E. mereka taat membayar pajak kepada kaisar
A. diminta merubah air menjadi anggur
B. diminta merubah batu menjadi roti
C. diminta mengusir roh roh jahat
D. diminta mengajat di Bait Allah
E. diminta menyembah iblis
A. cobaan untuk lebih mengutamakan kepuasan jasmani
B. penawaran untuk menyembah Tuhan
C. penawaran untuk berkuasa didunia
D. penawaran untuk dapat menguasai dirisendiri
E. penawaran supaya mendapat pujian dan sanjungan dari orang lain
A. Sejarah bangsa Israel yang diselamatkan oleh Allah
B. kisah penciptaan dunia dan seisinya
C. Israel sebagai bangsa pilihan
D. penyelamatan manusia dalam diri Yesus
E. manusia yang jatuh dalam dosa dan diselamatkan Allah.
A. Keluaran
B. Kebijaksanaan
C. Imamat
D. Bilangan
E. Kejadian
A. Injil
B. Kisah rasul
C. Kisah sengsara Yesus
D. Surat Katolik
E. Wahyu kepada Yohanes
A. Iman dan dalam suasana doa
B. Merasa paling rendah dan merasa berdosa
C. Tenang dan dalam ruang yang sunyi
D. Terbuka dan percaya diri
E. Merasa diri kurang pantas
A. iman akan tumbuh dan berkembang
B. menjadikan diri suci
C. menjadi anggota gereja yang baik
D. tidak mudah jatuh dalam dosa
E. kita bisa menjadi manusia yang suci
A. Tradisi suci merupakan pecahan dari Kitab Suci
B. Tradisi suci dan Kitab Suci mengalir dari sumber Ilahi yang sama
C. Memahami Kitab Suci harus lebih dulu memahami tradisi suci
D. Kitab Suci merupakan bagian dari Tradisi suci
E. Kitab suci dan tradisi suci merupakan ajaran para rasul
A. Salah satu bentuk tradisi suci Gereja adalah sakramen
B. Tradisi suci merupakan sabda Allah yang diteruskan Yesus kepada para Rasul
C. Yesus mengutus para rasul supaya menghormati Injil dan mewartakannya
D. Para Rasul mengingatkan kaum beriman supaya berpegang teguh pada warisan Gereja
E. Para Rasul tidak menyetujui kalau kaum beriman berpegang teguh pada tradisi suci
Sekian dan Terima kasih.