Contoh Soal Paket D USBN Sosiologi SMA Terbaru Beserta Jawabannya
Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang aspek sosial manusia dalam bermasyarakat. Manusia yang sejatinya mahluk sosial tidak bisa luput dari keadaan sekitarnya. Ilmu sosiologi ini secara khusus mempelajari tentang cara manusia bersosialisasi dengan masyarakat tersebut.
Nah, pada kesempatan kali ini. Tanpa bermaksud menggurui, kami akan membagikan Kumpulan Soal Pilihan Ganda Paket A USBN Sosiologi yang diperuntukan bagi kelas 12 SMA dan MA.
Adapun kunci Jawaban dari Soal USBN ini ada pada akhir soal. Jadi, silakan kawan-kawan mengerjakan soal ini dan kemudian bisa melakukan koreksi jawaban pada kahir soal.
1. Guru MGMP Sosiologi mengkaji gejala sosial tentang maraknya penggunaan media sosial di kalangan pelajar dengan berusaha menyusun hasil observasi secara logis sehinga menjadi sebuah teori sosial. Dengan demikian, kajian sosiologi berdasarkan ilustrasi tersebut memenuhi ciri. . . .
A. kategoris
B. empiris
C. kumulatif
D. nonetis
E. teoritis
2. Perhatikan kondisi sosial masyarakat berikut ini
1) Penemuan bahan ramah lingkungan untuk menjernihkan air sungai
2) Peningkatan ekonomi produktif melalui UMKM
3) Globalisasi mendorong perilaku konsumerisme dan hedonisme
4) Kemiskinan yang menyebabkan berbagai perilaku menyimpang
5) Perubahan cara berinteraksi karena pengaruh alat komunikasi
Berdasarkan kondisi diatas, objek kajian sosiologi ditunjukkan nomor ……
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
3. Saat ini, mini market telah masuk sampai pelosok desa sehingga mematikan para pedagang kecil yang ada daerah. Melihat realitas sosial seperti ini para pengamat social dan para sosiolog melayangkan hasil survey kepada pemerintah dan memberikan usulan agar pemberian ijin mendirikan mini market sampai di kota/kabupaten saja.
Dari uraian di atas sosiologi dapat membantu menyelesaikan masalah sosial tersebut dengan
menjalankan fungsi....
A. pembangunan .
B. penelitian
C. penentu kebijakan
D. kontrol Sosial
E. konsultan
4. Seorang siswa SMA berlatih fisik dengan sungguh dan belajar secara serius setelah kakak kelasnya yang sekarang diterima di Akpol melakukan sosialisasi tentang penerimaan Tarunabaru Akpol. Faktor yang mempengaruhi hubungan sosial berdasarkan ilustrasi tersebut adalah. . . .
A. motivasi
B. imitasi
C. sugesti
D. empati
E. identifikas
A. memperkuat solidaritas kelompok
B. menciptakan komunikasi satu arah
C. menimbulkan persaingan positif antar kelompok
D. meningkatkan hubungan antara wasit dan tim
E. menumbuhkan sikap kerja sama antar kelompok
6. Dalam hidupnya setiap individu dituntut untuk beraktivitas guna memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena harus mematuhi nilai dan norma sosial yang berlaku sehingga hubungan sosialnya tetap harmonis. Institusi sosial yang mengatur hubungan dalam kegiatan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dalam masyarakat adalah lembaga ....
A. agama yang didasarkan ajaran Tuhan
B. pendidikan yang bersifat demokratis
C. keluarga yang sah secara hukum pemerintahan
D. ekonomi yang terkait kesejahteraan umum
E. politik yang berfungsi bagi kehidupan sosial
7. Di negara lain hubungan sex di luarnikah bahkan sudah mempunyai anak sebelum menikah itu hal yang biasa. Sebaliknya di masyarakat Indonesia hamil sebelum menikah merupakan aib keluarga dan melanggar agama. Berdasarkan fakta tersebut membuktikan bahwa salah satu fungsi nilai sosial adalah... .
A. berfungsi sebagai alat solidaritas antar kelompok
B. berfungsi sebagai media menuntun bahkan menekan manusia untuk berbuat baik dalam kehidupan bermasyarakat.
C. berfungsi sebagai pembenaran atas tindakan yang dilakukan
D. berfungsi sebagai pembentuk pola pikir individualis
E. berfungsi sebagai Penentu terakhir dalam memutuskan permasalahan dalam
masyarakat
8. Seorang pencuri kendaraan bermotor tertangkap oleh masyarakat kemudian diserahkan ke Kepolisian terdekat agar diprosessesuaiperaturan yang berlakudanmendapatkan hukuman yang setimpaloleh hakim . Berdasarkan daya ikatnya contoh tersebut termasuk dalam norma...
A. folkways
B. usage
C. mores
D. customs
E. laws
9. Biasanya setiap akhir pekan banyak masyarakat mengunjungi pasar modern untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari. Ketika suasana antrian sangat padat, jika tidak diarahkan oleh satuan pengamanan dari pihak pasar sangat mungkin terjadi hal-hal yang tidak sesuai norma sosial setempat. Berdasarkan deskripsi tersebut, norma sosial diciptakan dalam masyarakat untuk ....
A. mengarahkan perubahan sosial dalam masyarakat dinamis
B. memperkuat identitas sosial kelompok dalam masyarakat
C. melaksanakan pengendalian sosial agar tercipta tertib sosial
D. membedakan kelompok sosial strata atas dan strata bawah
E. menghubungkan masyarakat lapis bawah dan lapis atas
10. Polisi menjaring 15 pelajar SMP pelaku tawuran di suatu daerah. Beberapa di antaranya melengkapi diri dengan senjata tajam. Tawuran diawali hanya karena antar siswa saling ejek satu dengan lainnya. Seluruh pelajar yang berhasil diamankan telah dibawa ke Polsek terdekat untuk dibina dan dipanggil orang tuanya.
Berdasarkan tatanan sosialnya, kenakalan atau kejahatan remaja tersebut dikategorikan sebagai ....
A. tindakan melawan hukum yang ditulis dalam tata tertib sekolah
B. perilaku menyimpang yang bertentangan dengan harapan masyarakat
C. penyimpangan sosial sekunder yang meresahkan masyarakat
D. tindak kenakalan remaja yang bertentangan dengan norma hukum
E. penyimpangan kelompok karena dilakukan secara bersama-sama
11. Dalam kegiatan pembagian bantuan atau santunan kepada masyarakat lemah diwarnai dengan insiden. Masyarakat berebut untuk mendapatkan bantuan dengan tidak mengindahkan prosedur antrian. Kondisi tersebut menjadi kacau karena masyarakat terlibat saling dorong untuk memperoleh layanan lebih awal. Untuk mengatasi situasi, penyelenggara melibatkan petugas keamanan untuk menertibkan sehingga acara dapat berlangsung dengan baik. Dalam ilustrasi tersebut, fungsi dari institusi sosial adalah ….
A. mengatur interaksi sosial yang tertib
B. memberikan sanksi pelanggaran sosial
C. menciptakan antrian yang lebih produktif
D. menjaga keberlangsungan bantuan dan santunan
E. membentuk struktur sosial dalam masyarakat
12. Realitas social menunjukan bahwa dikota kota besar semakin banyak dijumpaimasyarakat yang hidupnya dibawah garis kemiskinan.Disisi lain dikotakotabesarbanyakdijumpai orang yang kaya yang hidupserbamewah. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara. . . .
A. berusaha sendiri dengan kemampuan yang ada
B. berusaha untuk kaya dengan melakukan tindakan menyimpang
C. berpartisipasi aktif terhadap program-program pengentasan kemiskinan yang
dilakukan oleh pemerintah
D. bersikap acuh terhadap kondisi kemiskinan yang dialami
E. tidak mementingkan kepentingan orang lain dan mementingkan diri sendiri
13. Bagan mobilitas sosial:
Gejala mobilitas dalam bagan di atas berbentuk mobilitas sosial vertikal, bukan horizontal karena....
A. terdapat perbedaan cara mendapatkan status tingkat atas dan tingkat bawah
B. terjadi pergantian kedudukan sosial sesuai dengan asal usul kelahiran individu
C. muncul banyak kemungkinan bagi individu untuk berganti jenis status sosial
D. tertutup bagi kelompok tertentu dalam usaha menduduki strata sosial atas
E. terbuka peluang bagi individu untuk berpindah tingkat status sosialnya
14. Seorang mahasiswa akan melakukan penelitian tentang dampak kemiskinan bagi pendidikan anak kemudia ia menyusun kuesioner yang diberikan kepada warga desa Maju tenan kemudian mengolah hasilnya kedalam perhitungan statistika untuk memperoleh hasil penelitiannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut, jenis penelitian yang dilakukan adalah...
A. penelitian terapan
B. penelitian kualitatif
C. penelitian kuantitatif
D. penelitian dasar
E. penelitian eksploratif
15. Perhatikan judul penelitian berikut !
“Pengaruh pacaran terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Sekota Semarang ”
Berdasarkan judul penelitian diatas metode penelitian yang sesuai adalah. . .
A. deskriptif
B. komparatif
C. eksploratif
D. korelatif
E. eksplanatoris
16. Perhatikan tabel berikut!
Cara memperoleh data | Didapatkan langsung dari sumber pertama |
Bentuk Data | Data berupa catatan dari wawancara |
A. primer
B. sekunder
C. lengkap
D. kualiitatif
E. kuantitatif
17. Ketika mengumpulkan data, peneliti terjun langsung kelapangan dengan menemui beberapa tokoh masyarakat untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, peneliti memperoleh data menggunakan teknik pengumpulan data . . . .
A. observasipartisipasi
B. eksperimen
C. wawancara
D. analisis media
E. angket
18. Sebelum melakukan relokasi pemerintah meminta tim ahli melakukan penelitian. Pemerintah ingin mengetahui kebutuhan dan strategii untuk menertibkan pedagang kaki lima yang sudah lama nerjualan disekitar trotoar pusat kota. Dengan demikian, koflik antara pedagang dan pemerintah dapat dihindari. Berdasarkan penjelasan tersebut, manfaat penelitian sosial dalam proses pembangunan ialah. . ..
A. mengusulkan pemecahan masalah konflik sosial
B. meningkatkan kemampuan dalam kegiatan penelitian
C. memberikan referensi dalam melakukan penelitian lanjutan
D. memberi masukan dalam proses perencanaan pembangunan
E. memberikan data dan deskripsi konsisi sosial masyarakat
19. Siswa kelas XII IPS mengadakan penelitian di Kampung Pecinan, Semarang. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui adat istiadat dan pola hidup masyarakat setempat. Berdasaekan ilustrasi kegiatan penelitian tersebut, rumusan masalah yang tepat adalah. . . .
A. Apakah ada hubungan antara Kampung Pecinan Semarang dengan adat istiadat?
B. Kapan masyarakat Pecinan berpola hidup sehat?
C. Bagaimanakah adat istiadat dan pola hidup masyarakat di Kampung Pecinan Semarang?
D. Apakah ada pengaruh adat istiadat terhadap masyarakat Kampung Pecinan Semarang?
E. Apakah ada dampak pengaruh adat istiadat terhadap masyarakat Kampung Pecinan Semarang?
20. Sebelum melakukan penelitian, seorang peneliti harus menentukan topik dengan pertimbangan yang matang agar dapat mencapai target kegiatan dalam waktu yang tepat. Gejala-gejala sosial yang dipilih menjadi topik untuk diteliti sesuai dengan minat dan perhatiannya. Tujuan peneliti melakukan hal tersebut hubungannya dengan efektivitas kegiatan penelitian adalah ....
A. agar peneliti mempunyai semangat untuk menyelesaikan pekerjaan penelitian
B. untuk mendapatkan data penelitian empiris yang sesuai dengan topik penelitian
C. supaya lebih mudah dalam mengumpulkan dan menganalisis data penelitian
D. untuk mempercepat proses penelitian yang membutuhkan banyak biaya
E. agar peneliti mempunyai kemampuan memecahkan masalah dalam topik
21. Seorang peneliti perlu melakukan editing setelah melakukan pengumpulan data. Selanjutnya, peneiti membuat kode numeric berdasarkan data dari kuesioner. Setiap kode mewakili makna tertentu. Dari kode numerik tersebut peneliti dapat melakukan tabulasi untuk mengetahui frekuensi data. Berdasarkan ilustrasi tersebut, tujuan peneliti melakukan proses coding ialah . . . .
A. menyederhanakan data angket sehingga mudah ditabulasi
B. menyederhanakan hasil wawancara agar mudah dianalisa
C. memudahkan mengecek kelengkapan data hasil lapangan
D. membuang data yang tidak dibutuhkan dalam analisis
E. memudahkan penulisan data dalam teks naratif
22. Tim ahli dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan penelitian survey secara nasional tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Data dari berbagai daerah diperoleh dengan cara observasi dan wawancara, kemudian data diolah dan dijadikan dengan metode penyajian tekstual sehingga karakteristik dari setiap data dan informasi dapat dipertahankan. Berdasarkan kesesuaian antara jenis penelitian dengan datanya, maka dapat disimpulkan bahwa ....
A. metode pengumpulannya adalah tulis dan lisan
B. topik penelitiannya adalah gejala sosial
C. kesimpulannya adalah sesuai dengan teori
D. pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif
E. sumber data penelitinya adalah masyarakat
23. Setiap penelitian harus diawali dari berbagai alasan yang melandasi peneliti untuk menguak fakta-fakta yang ada dalam masyarakat. Permasalahan yang ada akan menggugah peneliti untuk memecahkannya dengan penelitian dan harus dituliskan penulis dalam bagian . . . .
A. latar belakang masalah
B. rumusan masalah
C. landasan teori
D. kajian pustaka
E. kerangka berpikir
24. Perhatikan karakteristik berikut.
(1) Memiliki kebudayaan beranekaragam
(2) Hidup dalam kondisi hubungan yang relatif stabil
(3) Memiliki subbudaya yang berbeda-beda satu sama lain
(4) Consensus di antara para anggota berkembang dengan baik
(5) Memiliki struktur sosial yang terbagi dalam beberapa kelompok
Karakteristik masyarakat multikultural ditunjukkan nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
25. Indonesia memiliki masyarakat dengan perbedaan agama dan latar belakang suku bangsa. Hal ini memberikan dampak positif antara lain . . . .
A. mudah tersulut konflik horizontall
B. memiliki kekayaan khasanah bangsa
C. menimbulkan segmentasi sosial
D. menimbulkan perbedaan antar kelas sosial
E. mempermudah pergaulan dengan budaya asing
26. Masyarakat pedalaman menolak kedatangan guru dari pemeruntah pusat yang akan mendirikan sekolah. Mereka menganggap dengan sekolah anak-anak mereka akan menentang aturan suku. Faktor penghambat perubahan sosial tersebut adalah . . . .
A. kurangnya ilmu pengetahuan
B. kondisi geografis terpencil
C. tidak ada kontak dengan budaya lain
D. cepat puas dengan kondisi yang ada
E. adanya prasangka dengan hal yang baru
27. Masyarakat akan selalu melakukan kegiatan yang interaktif satu sama lain. Pada dasarnya masyarakat tidak akan pernah lepas dari kehidupan negara lain. Hal demikian menunjukkan adanya proses globalisasi yang mengandung pengertian . . . .
A. hilangnya batas-batas antarnegara dalam melakukan hubungan secara interdependensi
B. peningkatan kemampuan masyarakat dalam aspek pendidikan dan teknologi informasi
C. ketergantungan yang timbul akibat adanya sifat eksploitatif terhadap Negara lain
D. adanya keinginan masyarakat untuk mengembangkan kebudayaannya seperti budaya bangsa lain
E. interaksi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat yang sifatnya konfliktual
28. Globalisasi terjadi di berbgaai aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah globalisasi
di bidang kebudayaan. Berikut ini yang merupakan contoh Globalisasi di bidang kebudayaan
adalah. . .
A. menjamurnya trend K-pop disegala penjuru dunia
B. siaran langsung kegiatan demokrasi pemilihan Presiden Amerika
C. adanya trendOnlineMarket Place yang memungkinkan melakukan transaksi jual beli
jarak jauh
D. adanya hubungan bilateral maupun multilateral antar negara dapat mudah dilakukan
E. munculnya fitur Video Call yaitu kita dapat bertatap muka dengan orang yang erada
jauh dari kita
29. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Mengembangkan sikap toleran dalam perbedaan
(2) Meningkatkan interaksi yang bersifat disosiatif
(3) Menggamggap perbedaan sebagai keunikan budaya bangsa
(4) Membatasi ruang gerak anggota organisasi yang berbeda keyakinan
(5) Memberi kebebasan memeluk agama
Untuk menjaga keselarasan dan keharmonisan dalam masyarakat majemuk, setiap anggota masyarakat harus mengembangkan beberapa sikap yang ditunjukkan pada pernyataan nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
30. Pemerintah dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencegah munculnya pertikaian yang berkaitan dengan masalah multikulturalisme, salah satu kondisi yang ada pada masyarakat multikultural . . . .
A. Pemerintah membuat program transmigrasi dengan lebih matang agar tidak terjadi
masalah pada kemudian hari berkaitan dengan masalah administrasi
B. masyarakat menggalakkan program cinta tanah air dengan mempromosikan berbagai
keragaman seni musik dan tari dari luar negeri
C. Pemerintah membangun gedung SME Tower untuk mengakomodasi hasil produksi
pengusaha mikro dan menengah
D. Pemerintah menargetkan wisatawan luar negeri dengan program Visit Indonesia 2018
yang menampilkan berbagai kesenian daerah
E. Kementrian Luar Negeri membuat acara dialog lintas agama (Regional Interfaith
Dialogue) yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara tetangga seperti
Thailand, Singapura, Timor Leste, dan Vietnam di Indonesia
31. Multikultural yang dimiliki Indonesia dianggap faktor utama terjadinya konflik berbau SARA, yaitu suku, agama, ras, dan antargolongan. Hal ini adalah realitas yang dapat mengancam integrasi bangsa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan masyarakat multikultural yang harmonis adalah . . . .
A. menerapkan hukum progresif pada kelompok lain
B. menerapkan perlakuan yang berbeda terhadap suku lain
C. menyilangkan keanggotaan dalam berbagai kelompok
D. meyatukan kelompok etnis melalui faktor ekonomi
E. menyediakan lembaga khusus untuk mewujudkan keharmonisan
32. Masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dan agama. Keragaman tersebut berpotensi menimbulkan konflik jika tidak disikapi secara bijak. Salah satu upaya tepat menciptakan harmoni sosial di tengah perbedaan adalah . . . .
A. menyediakan sarana kesehatan khusus bagi kelompok yang seagama
B. mengembangkan nilai budaya daerah yang menonjol
C. memberikan bantuan kepada kelomok marginal
D. mewujudkan integrasi sosial dalam masyarakat
E. mengembangkan potensi lokal secara maksimal
33. Sejumlah gejala yang terjadi dalam masyarakat:
(1) Insiden konflik horizontal antarkelompok karena berbeda asal usul daerah.
(2) Pembaruan tata cara dalam mengadakan pesta perkawinan dalam masyarakat.
(3) Perubahan kualitas kesuburan tanah pertanian akibat dari bencana alam tanah longsor.
(4) Pertambahan jumlah penduduk akibat tingginya kelahiran dan meningkatnya kesehatan.
(5) Banyaknya informasi dari berbagai belahan dunia yang dapat diakses oleh warga.
Yang termasuk penyebab internal terhadap perubahan sosial adalah....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
34. Salah satu dampak negatif globalisasi adalah terjadinya ketimpangan sosial. Kondisi tersebut ditandai dengan fenomena masyarakat kelas atas semakin kaya, masyarakat miskin semakin miskin. Upaya tepat dari pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut adalah. . . .
A. menetapkan pajak tinggi untuk industri kecil dan industri besar
B. menyediakan pinjaman modal dengan bunga tinggi bagi industri kecil – menengah
C. memberi sejumlah uang sebagai bantuan langsung untuk meningkatkan
perekonomian
D. mempebanyak jumlah tenaga asing untuk bekerja dalam berbagai perusahaan milik
negara
E. menjalin kerja sama dengan lembaga swasta dan masyarakat untuk melakukan
pemberdayaan
35. Secara objektif, dalam masyarakat majemuk terdapat banyak individu dan kelompok primordial yang berbeda. Jika dikelompokkan berdasarkan ciri budayanya, kita menemukan kelompok suku dengan jumlah yang beragam. Setiap kelompok mengembangkan nilai dan norma budaya yang unik dan khusus (partikular) untuk mengatur hubungan sosial dalam kelompok sendiri. Kondisi tersebut memunculkan kesetiaan terhadap budaya kelompok sendiri (kesetiaan primordial), dan selanjutnya melahirkan sikap sentimen atau perasaan tidak harmonis dalam berinteraksi denganindividu atau kelompok lainnya. Ilustrasi tersebut menjelaskan hubungan potensi disintegrasi dengan terjadinya partikularisme adalah ....
A. sikap kecintaan individu atau kelompok yang partikularis menyebabkan perilaku
eksklusif
B. pola pikir etnosentris yang ekstrem menghambat proses integrasi sosial dalam
masyarakat
C. kesetiaan primordial berhubungan dengan ideologi nonformal yang berkembang
dalam masyarakat
D. sosialiasasi sejak kecil dalam kelompok sosial homogen dapat membentuk sikap
kepribadian yang intoleran
E. kemajemukan kelompok sosial berhubungan dengan diferensiasi kelompok yang
memiliki heterogenitas sosial
36. Awalnya masyarakat di sebuah komplek perumahan bersikap individualis. Hal ini terjadi karena mereka berasal dari berbagai wilayah dan memilki profesi yang berbeda. Namun setelah terjadi perampokan di salah satu rumah, warga perumahan tersebut kemudian bekerja sama untuk mengatasi masalah keamanan di wilayah tersebut. Faktor pendorong integrasi sosial dalam ilustrasi tersebut adalah . . . .
A. besarnya kelompok sosial
B. mobilitas geografis yang terbatas
C. homogenitas kelompok masyarakat
D. adanya musuh bersama dari luar masyarakat
E. efektivitas komunikasi dalam masyarakat
37. Meredanya konflik antara buruh dan pengusaha yang difasilitasi oleh serikat pekerja dan pemerintah berujung pada keputusan win-win solution antara kedua belah pihak yang berkonflik. Peranan pemerintah yang tegas dalam mengurus permasalahan perburuhan dan mengambil keputusan serta peran serikat pekerja mampu menjebatani konflik yang berkepanjangan. Ilustrasi tersebut menggambarkan penyelesaian konflik dengan jalan . . . .
A. mediasi
B. arbitrasi
C. ajudikasi
D. kompromi
E. rekonsiliasi
38. Berkembangnya industry perfilman dan musik yang terjadi di Indonesia kemudian berdampak pada selera yang digandrungi oleh para pemuda yang lebih mengarah pada film dan musik barat.Gejala yang diakibatkan oleh globalisasi tersebut menunjukkan bahwa dampak negatif yng dapat diakibatkan oleh adanya globalisasi adalah . . . .
A. masuknya investasi asing ke Indonesia
B. meningkatnya daya beli masyarakat
C. lunturnya musik lokal dan pertunjukan daerah
D. memunculkan individu yang kreatif
E. munculnya penyanyi secara instan
39. Perhatikan bentuk-bentuk pmberdayaan berikut!
(1) Melakukan evaluasi hasil pemberdayaan dengan melibatkan sosiolog
(2) Pemerintah membentuk inisiator pemberdayaan kampung batik
(3) Melakukan penilaian potensi desa untuk dijadikan desa wisata batik
(4) Memfasilitasi setiap daerah dengan mendirikan pabrik batik modern
(5) Melakukan pendampingan pemberdayaan secara berkelompok
Dalam upaya memperluas produksi batik tradisional, pemerintah mengupayakan membuat kampung batik diberbagai daerah. Upaya pemberdayaan yang sesuai di tunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
40. Kemajuan teknologi industri global memberikan banyak fasilitas hidup yang menyenangkan. Masyarakat dapat dengan mudah untuk mengakses produk industri lintas-negara dengan kualitas mewah dengan harga yang kompetitif.Kemudahan masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan produk industri modern yang dipasarkan secara manual maupun online dapat memicu pola hidup konsumtif. Banyak individu yang terjebak dalam gaya hidup boros dengan banyak belanja di pasar modern.Berdasarkan ilustrasi tersebut, dampak globalisasi perlu dihadapidengan pemberdayaan budaya sebagai nilai kearifan lokal dalam bentuk ....
A. membangun budaya masyarakat yang mengutamakan kesederhanaan dalam berpikir dan berperilaku
B. mendorong individu untuk menjalankan pola hidup sederhana sesuai dengan tingakat ekonomi masyarakat
C. membiasakan hidup dengan sikap menerima keadaan sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat yang belum maju
D. mengembangkan sikap mental yang selaras dengan prinsip kesetaraan dalam mendapatkan kesejahteraan
E. mengajak masyarakat golongan ekonomi lemah berpikir sesuai prinsip keadilan sosial
Kunci Jawaban Soal USBN Sosiologi SMA/MA
1 | E | 11 | A | 21 | A | 31 | C |
2 | E | 12 | C | 22 | A | 32 | D |
3 | A | 13 | E | 23 | A | 33 | A |
4 | A | 14 | C | 24 | C | 34 | C |
5 | A | 15 | D | 25 | B | 35 | B |
6 | D | 16 | A | 26 | E | 36 | D |
7 | B | 17 | E | 27 | A | 37 | B |
8 | E | 18 | D | 28 | A | 38 | C |
9 | C | 19 | C | 29 | C | 39 | E |
10 | D | 20 | C | 30 | E | 40 | A |