Notifikasi

Memuat…

[Soal B] Latihan Pretes PPG IPS SMP

Yang kami posting ini adalah Soal Latihan Pretes PPG SMP untuk Guru IPS. Soal tryout ini merupakan soal tryout PPG yang bisa dikerjakan oleh siapapun kapanpun dan di manapun. 

Adapun Soal yang kawan kawan kerjakan ini bersumber dari Buku 1 - IPS SMP Bank Soal PPG tahun 2019. Walhasil, soal ini adalah up to date alias tidak ketinggalan jama.  

Latihan Pretes PPG IPS SMP

Selengkapnya, silakan kerjakan soal Pretes / UP PPG IPS SMP dibawah ini.

Latihan Soal Pretes PPG IPS SMP

  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPG ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar!
1. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS, kecuali ….
 A. Tingkat kesulitan materi pelajaran
 B. Sistem penilaian yang digunakan
 C. Tingkat usia dan kematangan siswa
 D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
 E. Ketersediaan media dan biaya

2. Salah satu contoh model pembelajaran yang memberikan efek menyenangkan adalah PBL (Problem Based Learning). Dasar pertimbangan diterapkannya PBL adalah ...

 A. Pembelajaran berbasis masalah berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus dapat menentukan sendiri apa yang harus dipelajari, dan dari mana informasi harus diperoleh
 B. Menjembatani gap antara pembelajaran sekolah formal dengan aktivitas berpikir yang lebih praktis yang dijumpai di luar sekolah
 C. Guru tidak perlu memberikan bimbingan kepada peserta didik .Dalam hal ini peserta didik diminta menyelesaikan persoalan secara terbuka dan bebas
 D. Mendorong siswa untuk bekerja menyelesaikan tugas,tanpa bimbingan guru
 E. Pembelajaran berbasis masalah ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir agar menjadi kompleks

3. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah….

 A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan sistuasi
 B. Guru harus banyak bercerita terntang materi pembelajaran
 C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar
 D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek nilai
 E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter
4. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan . Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali…
 A. Simulasi /demonstrasi
 B. Presentasi tugas
 C. Membuat portofolio tugas
 D. Mengerjakan soal di depan kelas
 E. Merangkum materi pelajaran

5. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali….

 A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah
 B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal
 C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur
 D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
 E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proprsional

6. Berikut ini merupakan manfaat hasil penilaian formatif dalam pembelajaran IPS, kecuali ….

 A. Merancang program remedial
 B. Merancang program pengayaan
 C. Perbaikan proses pembelajaran
 D. Mengisi nilai dalam raport
 E. Merancang perbaikan pembelajaran

7. Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dalam pembelajara IPS, , kecuali….

 A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
 B. Pendistribusi materi pembelajaran
 C. Penilai pembelajaran
 D. Media kolaborasi pembelajaran
 E. Pelaksana pembelajaran

8. Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka Teknologi Informasi sudah berperan sebagai….

 A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
 B. Pendistribusi materi pembelajaran
 C. Penilai pembelajaran
 D. Media kolaborasi pembelajaran
 E. Pelaksana pembelajaran

9. Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting, dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifikasi kesulitan yang muncul dalam komunikasi antar budaya, Salah satu syarat terjadinya komunikasi yang efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah….

 A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan peserta didiknya
 B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.
 C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik secara individual maupun kelompok
 D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami perasaan orang lain
 E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan peserta didiknya

10. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas ?

 A. Interaksi satu arah
 B. Interaksi dua arah
 C. Interaksi banyak arah
 D. Interaksi berpusat pada guru
 E. Interaksi sepihak


Baca Juga
Posting Komentar