Notifikasi

Memuat…

Latihan Soal Pretes PPG Biologi Paket B

Postingan di bawah ini merupakan postingan tentang latihan soal online Pretest PPG Biologi untuk guru SMA/MA maupun SMK. Soal PPG ini diupload berdasarkan modul materi yang terdapat pada modul PPG buku 1- Biologi yang diterbitkan tahun 2019. Bapak Ibu semuanya bisa berlatih dan menguji kemampuan pribadi. 

Adapun soal yang akan kawan kawan kerjakan ini adaah free alias gratis. Kawan-kawan boleh mengerjakannya sepuas hati. Selain itu, soal latihan ini bisa dibagikan kepada kawan-kawan guru mapel Biologi. 
Latihan Soal Pretes PPG Biologi

Selengkapnya, silakan kerjakan soal Pretes / UP PPG tersebut dibawah ini.

Latihan Soal Pretes PPG Biologi

Petunjuk:
  • Berdoalah sebelum mengerjakan Latihan Soal PPG ini.
  • Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar!
1. Pak Ali guru biologi melaksanakan pembelajaran tatap muka, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran online, siswa mengerjakan tugas-tugas yang diunduh dari situs yang telah disiapkan. Siswa juga dapat melakukan diskusi langsung dengan pak Ali maupun teman sekelasnya secara online dan realtime, kemudian pada pertemuan berikutnya dilaksanakan tatap muka. Wakil kelompok melakukan presentasi tugas dari pertemuan sebelumnya. Pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan pak Ali disebut…. .
 A. pembelajaran interaktif berbasis komputer
 B. pembelajaran melalui e-learning
 C. blended learning
 D. pembelajaran berbantuan computer
 E. pembelajaran dengan computer

2. Suatu rumusan standar kompetensi sebagai berikut: “Memahami konsep fotosintesis”. Indikator berikut yang BUKAN merupakan penjabaran dari standar kompetensi tersebut adalah … .

 A. menjelaskan pengertian fotosintesis
 B. menyebutan contoh proses fotosintesis
 C. mengidentifikasi ciri proses fotosintesis
 D. membuat rangkuman mengenai manfaat fotosintesis bagi kehidupan
 E. menjelaskan perbedaan fotosintesis dengan respirasi

3. Pembelajaran biologi yang baik, dilakukan sebagaimana biologi ditemukan. Biologi ditemukan melalui penelitian menerapkan metode ilmiah. Oleh sebab itu tahapan pertama yang harus dilakukan pada pembelajaran biologi adalah … .

 A. melakukan penyelidikan
 B. mengorientasikan siswa pada masalah
 C. menguji informasi yang telah disampai di laboratorium
 D. membuat prediksi mengenai jawaban atas masalah
 E. mengakitkan informasi yang ditemukan siswa dengan informasi lain
4. Seorang guru biologi merencanakan pembelajaran topik ekologi menggunakan strategi yang memungkin siswa berinteraksi dan melakukan observasi secara penuh menggunakan inderanya. Sumber belajar relevan yang dipilih dari yang paling sesuai ke yang kurang sesuai adalah… . (1) buku sumber (2) guru (3) lingkungan sekitar
 A. (1) – (2) – (3)
 B. (1) – (3) – (2)
 C. (2) – (3) – (1)
 D. (2) – (1) – (3)
 E. (3) – (2) – (1)

5. Untuk mengajarkan topik-topik yang abstrak misalnya proses sintesis protein, media pembelajaran yang sesuai untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan, adalah … .

 A. gambar berwarna proses sintesis protein
 B. model sintesis protein dari styrofoam
 C. buku yang memuat gambar sintesis protein dan keterangan lengkap
 D. powerpoint animasi proses sintesis protein
 E. suara guru yang menjelaskan proses sintesis protein

6. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) skenario rinci pelaksanaan pembelajaran dapat ditemukan pada komponen RPP… .

 A. rumusan tujuan pembelajaran
 B. metode/pendekatan/model pembelajaran
 C. langkah-langkah pembelajaran
 D. rumusan kompetensi pembelajaran
 E. pentahapan pembelajaran

7. Seorang guru mengajar biologi sekaligus membangun karakter siswanya. Untuk masud tersebut dia menggunakan fenomena biologi sebagai model karakter yang akan dibangun. Ketika selesai mengajarkan siklus hidup kupu-kupu melalui pengamatan. Guru tersebut memusatkan perhatian siswanya untuk memperhatikan bagaimana ulat yang rakus berubah menjadi kupu-kupu yang indah melalui fase kepompong. Mula-mula dia menunjukkan kepada siswanya ulat yang rakus, banyak makan, menjijikkan, tetapi setelah melalui fase keponpong ulat berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Karakter yang sedang dimodelkan oleh guru tersebut menggunakan ulat-kepompong dan kupu-kupu adalah karakter …

 A. pengendalian diri
 B. bertanggungjawab
 C. disiplin
 D. mudah berubah
 E. selalu ingin tahu

8. Cara paling baik mengajarkan karakter adalah … .

 A. menjelaskan pengertian karakter dan contoh-contohnya
 B. melakukan persuasi, menyentuh hati sehingga muncul perasaan
 C. memunculkan kemauan bertindak melalui pemodelan
 D. seperti langkah A, B, dan C
 E. bukan seperti langkah A, B atau C

9. Berikut ini adalah hasil belajar yang harus diases menggunakan strategi penilaian kinerja (tes perbuatan) tentang PROSES, adalah sebagai berikut, KECUALI.

 A. Keterampilan menggunakan alat
 B. Keterampilan merangkai alat
 C. Keterampilan mendemonstrasikan gerakan tertentu
 D. Keterampilan mengukur suhu air menggunakan thermometer
 E. Keterampilan menyusun laporan praktikum

10. Rumusan tujuan sebagai berikut: Siswa terampil membuat rangkuman tentang 5 manfaat dan 5 kerugian bioteknologi modern. Rumusan tujuan tersebut paling sesuai dinilai /diases melalui … .

 A. tes kinerja, penilaian proses
 B. tes kinerja penilaian hasil
 C. tes tertulis
 D. portofolio
 E. tugas projek


Baca Juga
Posting Komentar