Kami akan membagikan contoh soal UHT atau midsemester mata pelajaran Bahasa Indonesia pada semester Ganjil. Untuk selengkapnya, silakan perhatikan soal-soal di bawah ini.
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 12 BESERTA JAWABANNYA
Kelas/Program : XII (dua belas)/MIPA & IPS
Hari/tanggal :
Waktu : 90 menit
Kerjakan soal berikut dengan memilih salah satu jawaban A, B, C, D, atau E!
“Setelah saya mengetahui dari Koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.”
Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah…
A. membaca iklan diharian Kompas…yang menyatakan bahwa…
B. setelah melihat Koran Kompas…yang menyatakan bahwa…
C. di harian Kompas telah telah dibaca bahwa…
D. harian Kompas memuat iklan yang mengatakan bahwa…
E. dengan ini saya mengajukan lamaran sesuai iklan yang terbaca…
2. Perhatikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut ini!
Atas bantuan bapak yang sangat berharga, saya ucapkan terima kasih
Perbaikan kalimat penutup yang tepat untuk surat lamaran pekerjaan tersebut adalah…
A. Atas kerja samanya, saya ucapkan terima kasih
B. Atas bantuan bapak, saya mengucapkan terima kasih
C. Atas diterimanya saya, saya ucapkan terima kasih
D. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih
E. Atas kesediaan bapak saya, saya mengucapkan terima kasih
3. Bagian isi surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan secara jelas dan benar adalah…
A. menyesal sekali lamaran anda belum dapat kami terima
B. dengan penuh rasa penyesalan saya tidak dapat menerima surat lamaran anda
C. dengan penuh penyesalan lamaran anda tidak bisa kami terima
D. surat lamaran anda telah kami terima, namun dengan sangat menyesal kami belum dapat menerima anda
E. kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga anda belum bisa dipertimbangkan
4. “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan…”
Pernyataan tersebut ditulis dalam surat lamaran pekerjaan pada bagian…
A. identitas
B. pembuka
C. penutup
D. isi
E. lampiran
5. Perhatikan data-data berikut!
Nama : Susanti Umur : 25 tahun Pendidikan : S1 Keperawatan Alamat : Jalan Soekarno Hatta 644 Bandung |
Data tersebut merupakan bagian dari surat lamaran pekerjaan, yaitu bagian …
A. pembuka surat
B. penutup surat
C. Daftar riwayat hidup
D. identitas pelamar
E. asal-usul pelamar
6. Cermatilah penulisan alamat surat berikut!
Kepada Yth :
Jln.Sinar Mentari II/99
Semarang
Perbaikan penulisan alamat surat tersebut adalah…
A. Kepada Yth. Muhammad Aziz
Jalan Sinar Mentari II/99
Semarang
B. Yth. Muhammad Aziz
Jalan Sinar Mentari II/99
Semarang.
C. Kepada: Muhammad Aziz
Jln. Sinar Mentari II/99
Semarang
D. Yth: Bapak Muhammad Aziz
Jalan Sinar Mentari II/99
Semarang
E. Yth. Bpk. Muhammad Aziz
Jln: Sinar Mentari II/99
Semarang
7. Cermatilah kalimat surat balasan lamaran pekerjaan berikut !
Saudara tidak diterima di perusahaan kami karena tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
Kalimat perbaikan surat lamaran pekerjaan yang santun adalah…
A. Surat lamaran Saudara terpaksa tidak kami terima karena masih banyak persyaratan yang tidak sesuai.
B. Mohon maaf Saudara tidak kami terima untuk bekerja di perusahaan kami karena syarat-syaratnya kurang.
C. Saudara kami tolak untuk bekerja di perusahaan kami karena tidak memenuhi kualifikasi.
D. Saudara tidak dapat bergabung di perusahaan kami karena kurang memenuhi standar perusahaan.
E. Terima kasih atas surat lamaran saudara, tetapi perusahaan kami belum dapat memenuhi harapan Saudara.
8. Berikut yang merupakan salam pembuka dalam surat lamaran pekerjaan adalah…
A. Salam sejahtera,
B. Dengan hormat,
C. Hormat saya,
D. Dengan segala hormat,
E. Salam persahabatan,
9. Penulisan bagian surat di sebelah kiri paling atas adalah…
- alamat surat
- kepala surat
- hal dan lampiran
- tanda tangan
- tempat dan tanggal surat
10. Bacalah kutipan novel berikut!
Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan: 1. fotokopi ijazah terakhir 1 lembar; 2. fotokopi transkrip nilai 1 lembar; 3. fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL; 4. daftar riwayat hidup; dan 5. pasfoto berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 4 lembar |
Bagian surat pada penggalan surat lamaran pekerjaan tersebut adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. penegasan
D. maksud dan tujuan
E. kualifikasi pelamar
11. Cermatilah teks cerita sejarah berikut!
Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat melahirkan politik “bumi hangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi kea rah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi Inggris mulai menyerang sehingga pertemuan sengit terjadi. Api masih membumbung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api. |
Informasi tersurat dalam teks tersebut adalah…
A. Rakyat menentang keras pihak musuh (Inggris) yangingin memanfaatkan Kota Bandung.
B. Politik ‘bumi hangus” bertujuan agar Kota Bandung tidak bisa dimanfaatkan pihak musuh (Inggris).
C. Politik ‘bumi hangus” terakhir karena adanya ultimatum dari TRI untu meninggalkan Kota Bandung.
D. Inggris tidak terima dan melakukan serangan yang memicu peperangan sengit terjadi.
E. Politik “bumi hangus” membuat Kota Bandung seperti lautan api karena hamper semua dibakar
12. Perhatikan kutipan novel sejarah berikut!
Siang yang cerah tadi, Minke diajak Robert Suurhoof akan menemani temannya itu ke rumah Robert Mellema untuk diundang makan malam dan berkenalan dengan Annelies serta Nyai Ontosoroh.Hari semakin gelap, walaupun langit masih menampakkan gurat jingganya. Di tengah menikmati makan malam, Herman Mellema datang dan dengan sinis mengomentari Minke yang berusaha tampil seperti Eropa sebagai monyet, setara dengan hewan pemakan pisang. -Bumi Manusia, Pramoedya Ananta Toer |
Latar waktu yang terdapat pada kutipan novel sejarah tersebut adalah...
A. dini hari
B. esok hari
C. sore hari
D. senja hari
E. malam hari
13. Perhatikan kutipan teks cerita sejarah berikut !
Hari buruh, yang dikenal dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa Negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan social para buruh. Hari buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik massif di era tersebut. |
Kalimat bermakna lampau pada penggalan teks cerita sejarah di atas adalah…
A. Di beberapa Negara, Hari Buruh dijadikan hari lbur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan social para buruh.
B. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja.
C. Frederation of Organized Trades and Labor Union akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh.
D. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja.
E. Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei.
14. Bacalah penggalan teks novel sejarah di bawah ini dengan seksama!
Senyap pendapa Bale Manguntur mendengar sumpah yang disaksikan matahari yang panas menggila.Semua orang masih terpesona pada jejak sumpah menyeramkan yang diucapkan Gajah Mada. Sumpah itu memang layak disebut mengerikan. Entah dengan cara bagaimana Gajah Mada bisa menanggungnya.Sumpah itu terlampau mengerikan bagi sahabat Gajah mada karena betapa keras kerja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. |
Verba material dalam paragraph tersebut adalah…
A. mendengar
B. mengerikan
C. menyeramkan
D. menanggungnya
E. mewujudkannya
15. Cermatilah teks berikut!
“Peristiwa menyedihkan itu terjadi pada tahun 1279 Saka (1357 M). Sang Maharaja memiliki putri cantik jelita bernama Dyah Ayu Pitaloka. Kecantikan Dyah Ayu Pitaloka menyebar ke mana-mana bak harumnya bunga mawar yang memikat banyak kumbang. Dia bagaikan sekuntum mawar Galuh yang indah dan mempesona para Ksatria, putra raja, dan Sang Raja,” kata Adipati Kandhadaha menceritakan Peristiwa Bubat, memenuhi permintaan istri tercintanya. |
Kata sekuntum mawar memiliki makna kiasan yang artinya…
A. cantik
B. harum
C. elok
D. paras
E. gadis
16. Bagian awal dalam struktur novel sejarah adalah…
A. pengungkapan peristiwa
B. pengenalan situasi cerita
C. munuju konflik
D. konflik cerita
E. resolusi
17. Bagian paling besar dan menegangkan dalam struktur novel sejarah adalah pada tahapan…
A. pengungkapan peristiwa
B. pengenalan situasi cerita
C. menuju konflik
D. konflik cerita
E. resolusi
18. Tujuan mempelajari karya sastra (novel) sejah adalah…
A. ingin membaca hasil ciptaan seseorang
B. ingin ikut merasakan keindahan bahasa dan gaya yang ditulis seorang pengarang
C. ingin meniru dan menjadi seperti pengarang
D. ingin menyelami arus pikiran yang digambarkan pengarang
E. ingin bertemu dengan pengarangnya
19. Teks cerita sejarah bisa dikategorikan sebagai teks naratif jika…
A. menggunakan urutan peristiwa
B. disajikan secara simbolisasi verbal
C. menceritakan fakta sejarah
D. mengangkat peristiwa penting
E. disajikan dengan latar sejarah
20. Cermati kutipan novel berikut!
Langit cerah di atas Yogya. Tak ada awan larat yang berupaya menghalangi pandanagan pilot mendaratkan pesawatnya di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Dengan sudut mataku yang sipit, kulirik arloji yang ada di tangan; jam 2.45 siang. Pramugari mengumumkan bahwa pesawat sedang berada di atas bumi Mataram Yogyakarta. Tak lama lagi akan mendarat.Kepala istri dan anak-anak celingukan di jendela pesawat mengintip pemandangandi atas sekitar bandara udara itu. Masih terlihat beberapa petak sawah dan rumah-rumah lama beratap genteng tradisional. Pasar-pasar keramaian juga masih terlihat tradisional sekali. Tentu ini beda dengan yang ada di kota besar di Indonesia. (Epos Mataram Sang Penembahan:Novel Sejarah) |
Berikut adalah kata sifat yang terdapat pada kutipan tersebut, kecuali…
A. cerah
B. larat
C. sipit
D. tradisional
E. keramaian
21. Teks Editorial termasuk dalam jenis teks…
A.argumentasi
B.eksposisi
C.narasi
D.deskripsi
E. eksplanasi
22. Fungsi teks editorial! yang paling tepat adalah…
A. memberikan penilaian secara kritis mengenai peristiwa atau masalah aktual yang menjadi pro dan kontra
B. mendeskripsikan suatu dengan detail
C. memengaruhi atau menyakinkan pembaca
D. mengingatkan kepada generasi penerus untuk mengenang sejarah
E. mendeskripsikan secara detail tentang diri kita
23. Bagian struktur teks editorial/opini yang berisi pernyataan penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi adalah…
- A. abstrak
- B. pernyataan umum
- C. orientasi
- D. argumentasi
- E. penegasan ulang
24. Berikut yang merupakan kalimat fakta adalah…
A. Pandangan hidup masyarakat Indonesia menjadi positif sejak perkembangan teknologi informasi.
B. Keuntungan masyarakat Indonesia dalam perkembangan teknologi informasi yang berlangsung cepat.
C. Perkembangan teknologi itu banyak ditanggapi dengan sikapcemas oleh masyarakat.
D. Berbagai perkembangan telah terjadi dibidang teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir.
E. Keuntungan dari perkembangan teknologi informasi telah dirasakan oleh masyarakat Indonesia.
25. Berikut poin yang tidak termasuk dalam struktur teks editorial adalah…
A. daftar pustaka
B. isu penting/berita aktual yang muncul menjadi perhatian bersama
C. ulasan/opini tentang isu disertai argumen pendukung
D. solusi/harapan/penegasan
E. judul
26. Perhatikan Ilustrasi berikut ini!
RUU KUHP dinilai menjadi kontroversi dan berdampak luas |
Kalimat argumentasi yang sesuai dengan opini tersebut adalah…
A. DPR menerima perwakilan mahasiswa untuk berdiskusi secara terbuka dan transparan.
B. Banyak mahasiswa dari berbagai daerah menolak RUU KUHP yang menuai kontroversi.
C. Perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia mengajuakan mosi tidak percaya kepada DPR.
D. Demonstrasi mahasiswa secara serempak terjadi di berbagai daerah di seluruh Indonesia.
E. Masyarakat diharapkan ikut berperan aktif untuk berkontribusi dalam bentuk pemikiran.
27. Cermatilah kutipan teks editorial ini!
Suasana Papua dan Papua Barat berangsur kembali normal setelah sempat diwarnai aksi unjuk rasa dan pembakaran sejumlah bangunan dan fasilitas umum. Sejak pertengahan pecan lalu, kehidupan masyarakat dan layanan public kota-kota di Papua dan Papua Barat kembali berjalan. Kehadiran aparat keamanan mencegah aksi massa melebar. Meski demikian, akar persoalan Papua dan Papua Barat tetap perlu dipahami untuk mendapat penyelesaian tuntas. Apalagi, ada upaya terus membawa isu Papua dan Papua Barat ke panggung internasional, termasuk melaui PBB. Kita menyakini Papua dan Papua Barat sebagaibagian dari NKRI. Ini tampak sudah final dan telah diakui masyarakat internasional melalui PBB. Pemerintah memberi perhatian khusus dengan membenamkan otonomi khusus melalui Undang-Undang nomor 21 tahun 2001 untuk mengatur kepentingan masyarakat menurut prakarsa sendiri berdasarkan asosiasi dan hak dasar masyarakat Papua. Tapi, keterlanjuran permasalahan ini membuat masyarakat Papua seperti lian. Kekerasan di Papua seakan tidak pernah putus di wilayah Papua dan Papua Barat. |
Opini yang terdapat dalam kutipan teks editorial adalah…
A. Aksi unjuk rasa dan pembakaran sempat mewarnai Papua daan Papua Barat.
B. Kehidupan masyarakat dan layanan public kota-kota di Papua dan papua Barat mulai pulih
C. Keberadaan aparat keamanan bertujuan agar aksi massa tidak semakin melebar
D. Upaya membawa isu Papua dan Papua Barat ke PBB terus digencarkan.
E. Warga Papua dan Papua Barat merasa seperti lian di tanah kelahirannya sendiri.
28. Cermati kutipan teks editorial ini!
Suasana Papua dan Papua Barat berangsur kembali normal setelah sempat diwarnai aksi unjuk rasa dan pembakaran sejumlah bangunan dan fasilitas umum. Sejak pertengahan pecan lalu, kehidupan masyarakat dan layanan public kota-kota di Papua dan Papua Barat kembali berjalan. Kehadiran aparat keamanan mencegah aksi massa melebar. Meski demikian, akar persoalan Papua dan Papua Barat tetap perlu dipahami untuk mendapat penyelesaian tuntas. Apalagi, ada upaya terus membawa isu Papua dan Papua Barat ke panggung internasional, termasuk melaui PBB. Kita menyakini Papua dan Papua Barat sebagaibagian dari NKRI. Ini tampak sudah final dan telah diakui masyarakat internasional melalui PBB. Pemerintah memberi perhatian khusus dengan membenamkan otonomi khusus melalui Undang-Undang nomor 21 tahun 2001 untuk mengatur kepentingan masyarakat menurut prakarsa sendiri berdasarkan asosiasi dan hak dasar masyarakat Papua. Tapi, keterlanjuran permasalahan ini membuat masyarakat Papua seperti lian. Kekerasan di Papua seakan tidak pernah putus di wilayah Papua dan Papua Barat. |
Fakta yang terdapat dalam kutipan teks editorial tersebut adalah…
A. Akar persoalan Papua dan Papua Barat tetap perlu dipahami.
B. Warga Papua dan Papua Barat merasa seperti lian di tanah kelahirannya sendiri.
C. Kekerasan di Papua seakan tidak pernah putus di wilayah Papua dan Papua Barat.
D. Kehidupan masyarakat dan layanan publik kota-kota di Papua dan Papua Barat mulai pulih.
E. Keyakinan Papua dan Papua Barat tampak sudah final dan telah diakui masyarakat internasional melalui PBB.
29. Cermatilah kutipan teks editorial berikut!
Mahasiswa dari berbagai kampus melakuakan demonstrasi di sejumlah wilayah. Mereka menolak RUU KUHP dan evisi UU KPK. Mahasiswa yang tergabung dalam aksi ini diantaranya berasal dari ITB, Trisakti, Unindra, Universitas Paramadina, Universitas Tarumanegara, UPI, STMT Trisakti, dan UI. Beragam spanduk bertuliskan ‘Stop Intervensi KPK’ hingga ’Mahasiswa Bersama KPK’. Pasal- pasal dalam RUU KUHP yang akan menggantikan KUHP warisan Belanda itu masih menuai kontroversi di publik. Sejak dipublikasikan akan disahkan, muncul berbagai respon positif maupun negative. Beberapa pasal yang dinilai bermasalah kemudian viral bahkan memunculkan beragam meme, video kocak, termasuk hastag seperti #tolakruukuhp dan #semuabisakena plus komentar miring, serta nyinyiran yang btak terbilang jumlahnya di dunia maya. Respon menerima atau menolak pada prinsipnya sah-sah saja ditengah semua berhak berpendapat, dan realitas hukumnya tidak semua rasionalitas pembuat undang-undang itu dapat diamini oleh 260-an juta penduduk Indonesia. |
A. Kecenderungan atau kecondongan pada suatu hal.
B. Campur tangan dalam perselisihan antara dua pihak
C. Pengawasan utama terhadap rancangan undang-undang
D. Perbuatan memperteguh atau memperkuat persatuan.
E. Perbuatan untuk membangkitkan kemarahan para mahasiswa.
30. Cermatilah kutipan teks editorial berikut!
Sejak dipublikasikan akan disahkan, muncul berbagai respon positif maupun negative. Beberapa pasal yang dinilai bermasalah kemudian viral bahkan memunculkan beragam meme, video kocak, termasuk hastag seperti #tolakruukuhp dan #semuabisakena plus komentar miring, serta nyinyiran yang btak terbilang jumlahnya di dunia maya. Respon menerima atau menolak pada prinsipnya sah-sah saja ditengah semua berhak berpendapat, dan realitas hukumnya tidak semua rasionalitas pembuat undang-undang itu dapat diamini oleh 260-an juta penduduk Indonesia. |
A. Pasal yang dinilai bermasalah akan segera dikaji ulang dan direvisi.
B. Tidak semua mahasiswa dari berbagai kampus melakukan demo secara serempak.
C. Respon pro dan kontra sah-sah saja karena semua orang memiliki hak berpendapat.
D. Pasal-pasal dalam RUU KUHP itu masih menuai kontroversi dikalangan elit politik.
E. Realitas hukumnya, sebagai rasionalitas pembuat undang-undang itu mendapat dukungan.
Post a Comment for "Contoh Soal PHT Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/MA/SMK Semester Ganjil"