Panduan Aplikasi e-RKAM Madrasah Tahun 2021

Panduan Aplikasi e-RKAM Madrasah Tahun 2021

e-RKAM
(Gagasan Kerja dan Bujet Madrasah berbasiskan elektronik) adalah program pengendalian keuangan madrasah dimulai dari proses rencana penganggaran, penatausahaan dan laporan yang bisa dijangkau baik secara online atau semi online. Arti dari e-RKAM adalah supaya Kementerian Agama mempunyai mekanisme info keuangan madrasah yang terpadu dimulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, propinsi sampai pusat. Sedang Arah dari e-RKAM ialah supaya madrasah sanggup hasilkan info keuangan berbentuk dokumen rencana, penatausahaan dan laporan yang tepat, on time, akuntabel, terbuka, efektif dan efisien.

Seterusnya faedah dari Program e-RKAM sebagai salah satunya instrument ambil keputusan untuk madrasah, kabupaten/kota, propinsi dan pusat hingga sanggup tingkatkan kualitas pengendalian keuangan dan pengajaran di madrasah. Saat ini program e-RKAM sendiri dapat kita akses secara Online atau Semi Online. Untuk onlinenya sendiri dapat anda baca di bawah ini.

Akses secara online

Akses ke program e-RKAM bisa dikerjakan secara online lewat web dengan memakai PC/netbook atau tablet dan android:

Akses secara semi online

Program semi online akan ditingkatkan untuk madrasah yang tidak mempunyai koneksi internet di daerahnya. Tingkatan akses semi online ialah:
  • Madrasah mengambil program e-RKAM dari situs kemenag.
  • Madrasah lakukan pengisian e-RKAM secara off line.
  • Madrasah mengupload kembali program e-RKAM yang sudah diisi ke situs kemenag yang sudah dipastikan.
Program e-RKAM semi online ini akan ditingkatkan pada phase 2 peningkatan program eRKAM.

Basis e-RKAM buka kesempatan pengendalian dana BOS dan dana-dana yang lain secara terbuka dan akuntabel yang bisa diawasi secara bertahap mulai tingkat Unit Pengajaran Madrasah, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kementerian Agama Propinsi sampai pusat.

Dengan memakai program e-RKAM ini diinginkan bisa memotong birokrasi laporan dan efektivitas berbelanja. Misalnya, kita tak perlu kembali membagikan bujet perjalanan dinas yang besar sekedar hanya untuk mengirim LPJ dari madrasah ke Kantor Kemenag.

Dengan eRKAM, kita dapat mengirit bujet pembelian ATK yang banyak, misalkan, untuk pengerjaan SPJ. Ini adalah cara riil merealisasikan pengendalian bujet pengajaran yang efektif, gampang, terbuka, dan bebas korupsi.

Bila anda inginkan Buku Tutorial Program e-RKAM Madrasah Tahun 2020 ini dapat anda unduh pada link yang telah kami siapkan pada link di bawah ini.

Download Panduan Aplikasi e-RKAM Madrasah Tahun 2020

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Post a Comment for "Panduan Aplikasi e-RKAM Madrasah Tahun 2021"