Soal yang akan kami bagikan ini merupakan soal yang telah digunakan pada ujian sekolah berstandar nasional pada tahun kemarin. Walaupun sudah terlaksana, tidak ada salahnya jika kita mempelajari dan berlatih dengan soal-soal ujian ini.
Soal ini disusun oleh guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Sejarah Wajib. Jadi, kualitas soal ini tidak diragukan lagi.
Kelebihan soal ini yakni sudah terdapat kunci jawaban pada akhir soal. Jadi, kawan-kawan semua bisa berlatih dan berjuan serta belajar mengevaluasi pembelajaran yang telah kawan-kawan lakukan.
Selangkapnya, silakan perhatikan soal tersebut di bawah ini!
Soal USBN Sejarah Indoensia Paket A
Satuan Pendidikan : SMA, MAMata Pelajaran : SEJARAH WAJIB
Program : MIPA, IPS, IBB
Kurikulum : 2013
Alokasi Waktu : 60 Menit
Jumlah Soal : 20 Soal Pilihan Ganda
PILIHAN GANDA
1. Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dalam rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan pemuda tentang kapan prokalamsi dilaknakan.
Tujuan dari peristiwa teresebut adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan proklamasi kemerdekaan segera dilakanakan.
Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada lampau, karena ....
A. Peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B. Peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa indonesia untuk bangkit dari penjajah
C. Peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
D. Peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena adanya peristiwa yang terjadi sebelumnya.
E. Sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai jamannya
2. Sejarah sebagai seni memerlukan intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa. Perbedaan imajinasi yang dimiliki oleh seorang sejarawan dan sastrawan adalah ....
A. Pembahasan mengenai aktifitas manusia
B. Imajinasi sejarawan harus berdasar data sejarah
C. Membayangkan peristiwa masa lampau
D. Kajian peristiwa yang ditulis memiliki bidang masing – masing
E. Imajinasi sastrawan disajikan dalam gaya bahasa yang menarik
3. Perhatikan periodisasi di bawah ini !
1) Jaman Praaksara
2) Jaman Hindu – Budha
3) Jaman Islam
4) Jaman kolonial
5) Jaman kemerdekaan
Periodisasi atau pembabakan sejarah tersebut berdasarkan pada pertimbangan ....
A. Satuan waktu
B. Substansi
C. Kebudayaan
D. Peristiwa
E. Wilayah
4. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Perjanjian Linggarjati
2) Perjanjian Roem Royen
3) Agresi Belanda ke 2
4) Perjanjian Renvile
5) Koferensi Meja Bundar
Secara kronologis dari peristiwa – peristiwa tersebut diatas adalah ....
A. No 1, No 2, No 3, No 4, No 5
B. No 1, No 2, No 4, No 5, No 3
C. No 1, No 4, No 3, No 2, No 5
D. No 1, No 3, No 4, No 2, No 5
E. No 1, No 5, No 4, No 3, No 2
5. Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Setiap kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu ....
A. Mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B. Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
C. Mempelajari peristiwa berdasar pembakan suatu masa
D. Penulisan sejarah berdasrkan realitas suatu peristiwa
E. Penulisan sejarah berdasrkan catatan-catan suatu perjalanan
6. Perhatikan ciri manusia purba berikut !
Tubuh tegap, tinggi badan 165 – 180 cm, hidung lebar, volume otaknya sekitar 750 – 1.300 cc. Manusia purba yang dimaksud ....
A. Meganthropus
B. Pithecanthropus
C. Homo Sapiens
D. Homo Hibilis
E. Proto Melayu
7. Perhatikan peta migrasi nenek moyang bangsa Indonesia !
Menurut pendapat Von Heine Geldern proses perpindahan nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunan yang berbudaya kapak lonjong ditunjukkan pada ....
A. A1
B. A2
C. B
D. A1 dan B
E. A2 dan B
8. Banyak teori proses penghinduan di Indonesia seperti teori Waisya, Ksatria, Brahmana, Sudra, dan Arus Balik. Akan tetapi masing – masing teori ada kelemahannya, salah satu kelemahan teori Waisya adalah ....
A. Kaum pedagang tidak memahami bahasa sanskerta
B. Kaum waisya tidak ada niatan untuk menyebarkan agama
C. Proses penghinduan haknya kaum ksatria
D. Ada kepercayaan dari kaum brahmana pantang mereka menyeberang laut
E. Kaum pedagang tidak memiliki hak untuk berdarma duta
9. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A. Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
B. Pengaruh Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
C. Penyebaran agama Islam di masyarakat dilakukan secara damai
D. Ajaran agama Islam mudah dipelajari oleh bangsa Indonesia
E. Keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya
10. Perhatikan nama – nama candi sebagai berikut !
1) Candi Cheta
2) Candi Mendut
3) Candi Dieng
4) Candi Muara Takus
5) Candi Borobudur
6) Candi Penataran
Nama - nama candi tersebut diatas yang termasuk peninggalan dari hasil budaya yang bercorak Budha ada pada ....
A. No 1, No 2, dan No 3
B. No 2, No 3, dan No 4
C. No 2, No 4, dan No 5
D. No 3, No 4, dan No 5
E. N0 4, No 5, dan No 6
11. Masuknya agama dan budaya Islam di Nusantara menghasilkan bangunan masjid akan tetapi bangunan tersebut berakulturasi dengan budaya sebelumnya, yaitu Hindu – Budha dan nenek moyang sehingga memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan masjid di Arab. Berikut yang bukan merupakan ciri khas bangunan masjid tradisional adalah ....
A. Memiliki atap tumpang
B. Jumlah atap tumpang ganjil
C. Puncak atapnya bernama mustaka
D. Dibangun di tempat yang strategis
E. Pada umumnya tidak memiliki menara
12. Kerajaan pengaruh Hindu – Budha seperti Kahuripan dan Majapahit dan kerajaan pengaruh Islam seperti Demak dan Banten, mereka pernah mengalami masa pertumbuhan, masa puncak kejayaan dan akhirnya mengalami masa keruntuhan. Kerajaan tersebut mengalami keruntuhan karena ....
A. Mendapat serangan dari bangsa asing
B. Letaknya yang tidak strategis lagi
C. Dihancurkan oleh bangsa lain
D. Berkembangnya kerajaan baru sehingga yang lama tersingkir
E. Perebutan tahta kekuasaan
13. Berdasarkan tulisan-tulisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang pernah memerintah di Tarumanegara adalah Raja Purnawarwan. Raja Purnawarman merupakan raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Disebutkan bahwa kehidupan ekonomi kerajaan Tarumanegara telah teratur. Bukti dari penjelasanya tersebut adalah ...
A. Kehidupan masyarakatnya mengalami perubahan kearah sejahtera sehingga terwujudnya kemakmuran
B. Banyak diemukan peninggalan yang berupa candi-candi dan berbagai barang purbakala
C. Wilayah kekuasaan kerajaan tarumanegara meliputi seluruh jawa bagian barat dan pantai utara jawa
D. Raja purnawarwan telah menggalang kerjasama dengan kerajaan-kerajaan lain di luar nusantara
E. Dibangunya terusan sepanjang 6122 tombak sebagai sarana mencegah banjir dan pelayaran
14. Belanda dibawah pimpinan Cornelis de Hautman secara sembunyi – sembunyi mengikuti jejak Portugis melakukan penjelajahan samudera hingga sampai di Banten. Adapun penyebab utama bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudera karena ....
A. Kisah perjalanan Marcopolo
B. Jatuhnya Konstantinopel (ibukota Romawi Timur) ketangan Kesultanan Turki
C. Adanya embargo bagi bangsa Belanda yang berdagang di Lisabon
D. Adanya semangat Reconquesta
E. Berkembangnya tehnik pelayaran dan penemuan kompas
15. VOC sempat memberikan keuntungan yang besar bagi Belanda, akan tetapi kongsi ini akhirnya bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintah kerajaan Belanda. Salah satu sebab VOC dibubarkan karena ....
A. Permintaan rempah – rempah di Eropa menurun drastis akibat perang
B. Banyak uang dikeluarkan untuk membangun benteng – benteng pertahanan
C. Organisasinya tidak memiliki struktur yang jelas
D. Banyak pegawainya menerapkan kebijakan sendiri – sendiri
E. Pegawai – pegawainya melakukan korupsi
16. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka melakukan berbagai tindakan yang mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Di bidang ekonomi Jepang mengeksploitasi SDA/ SDM untuk kepentingan perang dan menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki Indonesia tidak sepenuhnya merugikan, ada beberapa kebijakan yang memberi kesan positif bagi perkembangan bangsa Indonesia.
PILIHAN GANDA
1. Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dalam rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan pemuda tentang kapan prokalamsi dilaknakan.
Tujuan dari peristiwa teresebut adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan proklamasi kemerdekaan segera dilakanakan.
Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada lampau, karena ....
A. Peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B. Peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa indonesia untuk bangkit dari penjajah
C. Peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
D. Peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena adanya peristiwa yang terjadi sebelumnya.
E. Sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai jamannya
2. Sejarah sebagai seni memerlukan intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa. Perbedaan imajinasi yang dimiliki oleh seorang sejarawan dan sastrawan adalah ....
A. Pembahasan mengenai aktifitas manusia
B. Imajinasi sejarawan harus berdasar data sejarah
C. Membayangkan peristiwa masa lampau
D. Kajian peristiwa yang ditulis memiliki bidang masing – masing
E. Imajinasi sastrawan disajikan dalam gaya bahasa yang menarik
3. Perhatikan periodisasi di bawah ini !
1) Jaman Praaksara
2) Jaman Hindu – Budha
3) Jaman Islam
4) Jaman kolonial
5) Jaman kemerdekaan
Periodisasi atau pembabakan sejarah tersebut berdasarkan pada pertimbangan ....
A. Satuan waktu
B. Substansi
C. Kebudayaan
D. Peristiwa
E. Wilayah
4. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Perjanjian Linggarjati
2) Perjanjian Roem Royen
3) Agresi Belanda ke 2
4) Perjanjian Renvile
5) Koferensi Meja Bundar
Secara kronologis dari peristiwa – peristiwa tersebut diatas adalah ....
A. No 1, No 2, No 3, No 4, No 5
B. No 1, No 2, No 4, No 5, No 3
C. No 1, No 4, No 3, No 2, No 5
D. No 1, No 3, No 4, No 2, No 5
E. No 1, No 5, No 4, No 3, No 2
5. Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Setiap kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu ....
A. Mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B. Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
C. Mempelajari peristiwa berdasar pembakan suatu masa
D. Penulisan sejarah berdasrkan realitas suatu peristiwa
E. Penulisan sejarah berdasrkan catatan-catan suatu perjalanan
6. Perhatikan ciri manusia purba berikut !
Tubuh tegap, tinggi badan 165 – 180 cm, hidung lebar, volume otaknya sekitar 750 – 1.300 cc. Manusia purba yang dimaksud ....
A. Meganthropus
B. Pithecanthropus
C. Homo Sapiens
D. Homo Hibilis
E. Proto Melayu
7. Perhatikan peta migrasi nenek moyang bangsa Indonesia !
Menurut pendapat Von Heine Geldern proses perpindahan nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunan yang berbudaya kapak lonjong ditunjukkan pada ....
A. A1
B. A2
C. B
D. A1 dan B
E. A2 dan B
8. Banyak teori proses penghinduan di Indonesia seperti teori Waisya, Ksatria, Brahmana, Sudra, dan Arus Balik. Akan tetapi masing – masing teori ada kelemahannya, salah satu kelemahan teori Waisya adalah ....
A. Kaum pedagang tidak memahami bahasa sanskerta
B. Kaum waisya tidak ada niatan untuk menyebarkan agama
C. Proses penghinduan haknya kaum ksatria
D. Ada kepercayaan dari kaum brahmana pantang mereka menyeberang laut
E. Kaum pedagang tidak memiliki hak untuk berdarma duta
9. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A. Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
B. Pengaruh Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
C. Penyebaran agama Islam di masyarakat dilakukan secara damai
D. Ajaran agama Islam mudah dipelajari oleh bangsa Indonesia
E. Keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya
10. Perhatikan nama – nama candi sebagai berikut !
1) Candi Cheta
2) Candi Mendut
3) Candi Dieng
4) Candi Muara Takus
5) Candi Borobudur
6) Candi Penataran
Nama - nama candi tersebut diatas yang termasuk peninggalan dari hasil budaya yang bercorak Budha ada pada ....
A. No 1, No 2, dan No 3
B. No 2, No 3, dan No 4
C. No 2, No 4, dan No 5
D. No 3, No 4, dan No 5
E. N0 4, No 5, dan No 6
11. Masuknya agama dan budaya Islam di Nusantara menghasilkan bangunan masjid akan tetapi bangunan tersebut berakulturasi dengan budaya sebelumnya, yaitu Hindu – Budha dan nenek moyang sehingga memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan masjid di Arab. Berikut yang bukan merupakan ciri khas bangunan masjid tradisional adalah ....
A. Memiliki atap tumpang
B. Jumlah atap tumpang ganjil
C. Puncak atapnya bernama mustaka
D. Dibangun di tempat yang strategis
E. Pada umumnya tidak memiliki menara
12. Kerajaan pengaruh Hindu – Budha seperti Kahuripan dan Majapahit dan kerajaan pengaruh Islam seperti Demak dan Banten, mereka pernah mengalami masa pertumbuhan, masa puncak kejayaan dan akhirnya mengalami masa keruntuhan. Kerajaan tersebut mengalami keruntuhan karena ....
A. Mendapat serangan dari bangsa asing
B. Letaknya yang tidak strategis lagi
C. Dihancurkan oleh bangsa lain
D. Berkembangnya kerajaan baru sehingga yang lama tersingkir
E. Perebutan tahta kekuasaan
13. Berdasarkan tulisan-tulisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang pernah memerintah di Tarumanegara adalah Raja Purnawarwan. Raja Purnawarman merupakan raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Disebutkan bahwa kehidupan ekonomi kerajaan Tarumanegara telah teratur. Bukti dari penjelasanya tersebut adalah ...
A. Kehidupan masyarakatnya mengalami perubahan kearah sejahtera sehingga terwujudnya kemakmuran
B. Banyak diemukan peninggalan yang berupa candi-candi dan berbagai barang purbakala
C. Wilayah kekuasaan kerajaan tarumanegara meliputi seluruh jawa bagian barat dan pantai utara jawa
D. Raja purnawarwan telah menggalang kerjasama dengan kerajaan-kerajaan lain di luar nusantara
E. Dibangunya terusan sepanjang 6122 tombak sebagai sarana mencegah banjir dan pelayaran
14. Belanda dibawah pimpinan Cornelis de Hautman secara sembunyi – sembunyi mengikuti jejak Portugis melakukan penjelajahan samudera hingga sampai di Banten. Adapun penyebab utama bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudera karena ....
A. Kisah perjalanan Marcopolo
B. Jatuhnya Konstantinopel (ibukota Romawi Timur) ketangan Kesultanan Turki
C. Adanya embargo bagi bangsa Belanda yang berdagang di Lisabon
D. Adanya semangat Reconquesta
E. Berkembangnya tehnik pelayaran dan penemuan kompas
15. VOC sempat memberikan keuntungan yang besar bagi Belanda, akan tetapi kongsi ini akhirnya bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintah kerajaan Belanda. Salah satu sebab VOC dibubarkan karena ....
A. Permintaan rempah – rempah di Eropa menurun drastis akibat perang
B. Banyak uang dikeluarkan untuk membangun benteng – benteng pertahanan
C. Organisasinya tidak memiliki struktur yang jelas
D. Banyak pegawainya menerapkan kebijakan sendiri – sendiri
E. Pegawai – pegawainya melakukan korupsi
16. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka melakukan berbagai tindakan yang mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Di bidang ekonomi Jepang mengeksploitasi SDA/ SDM untuk kepentingan perang dan menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki Indonesia tidak sepenuhnya merugikan, ada beberapa kebijakan yang memberi kesan positif bagi perkembangan bangsa Indonesia.
Dampak positif pendudukan Jepang di bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia saat ini adalah ....
A. Sumber daya alam Indonesia diekploitasi secara besar-besaran
B. Indonesia menjadi negara pengolah sumber bahan baku industri
C. Sumber daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan asing
D. Diperkenalkan line system untuk peningkatan produksi pangan
E. Masuknya investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi
17. Untuk menutup kas negara yang menipis Johannes van den Bosch menerapkan Sistem Tanam Paksa yang ditimpakan kepada rakyat Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan aturan dari Tanam Paksa adalah ....
A. Mewajibkan setiap desa mewajibkan 20 % untuk tanaman komodite ekspor
B. Waktu mengerjakan tanaman tidak melebihi waktu tanam padi ( 3 bulan )
C. Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan di kembalikat kepada rakyat
D. Rakyat yang tidak memiliki tanah pertanian tidak terkena wajib tanam paksa
E. Kegagalan panen karena bukan kesalahan petani ditanggung pemerintah kolonial
18. Sejak pertengahan abad 19 pemerintah kolonial Belanda menerapkan kebijakan sistem politik ekonomi liberal dengan membuka lebar – lebar pengusaha asing menanamkan modalnya di Indonesia dan melakukan eksploitasi secara besar – besaran. Dengan diterapkannya kebijakan seperti itu maka ....
A. Mulai diterapkan imperialisme modern di Indonesia
B. Sistem ekonomi yang menguntungkan sepihak
C. Indonesia mengenal jenis – jenis tanaman ekspor
D. Politik Ekonomi liberal tidak jauh berbeda dengan sistem tanam paksa
E. Beban hidup rakyat semakin ringan karena terbukanya perusahaan – perusahan
19. Setelah berkuasa atas Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang mulai membentuk organisasi militer maupun non militer untuk kaum pribumi karena ....
A. Ingin menunjukan bahwa jepang benar – benar akan membebaskan Indonesia dari penjajah
B. Untuk mempersiapkan dalam menghadapi kemerdekaan Indonesia
C. Jepang mulai mengalami kekalahan dalam perang Asia Timur Raya
D. Rakyat agar percaya terhadap propaganda – propaganda Jepang
E. Agar bangsa Indonesia patuh terhadap keinginan pemerintah pendudukan
20. Perlawanan Bangsa Indonesia seperti perlawanan Pangeran Diponegoro, perang Padri, perang Puputan dan lain – lain selalu mengalami kegagalan. Berikut yang tidak termasuk penyebab kegagalan mereka adalah ....
A. Masih bersifat kedaerahan
B. Tergantung pada pimpinan
C. Persenjataan kalah modern
D. Dipelopori kaum intelektual
A. Sumber daya alam Indonesia diekploitasi secara besar-besaran
B. Indonesia menjadi negara pengolah sumber bahan baku industri
C. Sumber daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan asing
D. Diperkenalkan line system untuk peningkatan produksi pangan
E. Masuknya investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi
17. Untuk menutup kas negara yang menipis Johannes van den Bosch menerapkan Sistem Tanam Paksa yang ditimpakan kepada rakyat Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan aturan dari Tanam Paksa adalah ....
A. Mewajibkan setiap desa mewajibkan 20 % untuk tanaman komodite ekspor
B. Waktu mengerjakan tanaman tidak melebihi waktu tanam padi ( 3 bulan )
C. Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan di kembalikat kepada rakyat
D. Rakyat yang tidak memiliki tanah pertanian tidak terkena wajib tanam paksa
E. Kegagalan panen karena bukan kesalahan petani ditanggung pemerintah kolonial
18. Sejak pertengahan abad 19 pemerintah kolonial Belanda menerapkan kebijakan sistem politik ekonomi liberal dengan membuka lebar – lebar pengusaha asing menanamkan modalnya di Indonesia dan melakukan eksploitasi secara besar – besaran. Dengan diterapkannya kebijakan seperti itu maka ....
A. Mulai diterapkan imperialisme modern di Indonesia
B. Sistem ekonomi yang menguntungkan sepihak
C. Indonesia mengenal jenis – jenis tanaman ekspor
D. Politik Ekonomi liberal tidak jauh berbeda dengan sistem tanam paksa
E. Beban hidup rakyat semakin ringan karena terbukanya perusahaan – perusahan
19. Setelah berkuasa atas Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang mulai membentuk organisasi militer maupun non militer untuk kaum pribumi karena ....
A. Ingin menunjukan bahwa jepang benar – benar akan membebaskan Indonesia dari penjajah
B. Untuk mempersiapkan dalam menghadapi kemerdekaan Indonesia
C. Jepang mulai mengalami kekalahan dalam perang Asia Timur Raya
D. Rakyat agar percaya terhadap propaganda – propaganda Jepang
E. Agar bangsa Indonesia patuh terhadap keinginan pemerintah pendudukan
20. Perlawanan Bangsa Indonesia seperti perlawanan Pangeran Diponegoro, perang Padri, perang Puputan dan lain – lain selalu mengalami kegagalan. Berikut yang tidak termasuk penyebab kegagalan mereka adalah ....
A. Masih bersifat kedaerahan
B. Tergantung pada pimpinan
C. Persenjataan kalah modern
D. Dipelopori kaum intelektual
E. Tidak terorganisir dengan baik
Kunci Jawaban Sejarah Indonesia A Kuriklum 2013 Pilihan Ganda
1. A
2. B
3. C
4. C
5. C
6. B
7. B
8. A
9. D
10. C
11. D
12. E
13. E
14. C
15. E
16. B
17. D
18. A
19. C
20. D
Demikian Conton Soal Sejarah Indonesia yang kami bagikan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Soal Paket A USBN Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/MA Beserta Jawabannya"